Minggu, 07 November 2010

DIMANA KEJUJURAN???

Orang jujur makin susah di cari, kejujuran seakan menguap dari atmosfer negeri pancasila ini. ADA APA DENGAN KEJUJURAN?? apa emank ia telah lama mengepak perkakasnya lalu melancong ke Eropa lantaran jenuh pada tuannya, yakni para manusia penghuni kolong langit indonesia? ataukah kita sendiri yang mengasingkannya ke tepat jauh, karena menganggap kejujuran merepotkan pemiliknya?

ORANG INDONESIA TIDAK JUJUR? itu fitnah...
        jujur itu bukan karakter orang Indonesia. 'kita ini bangsa yang suka bohong'. pak Mochtar lubis (a person of character) kita, dengan gemas mengatakan itu sejak bertahun lalu.
        pak Taufiq ismail malah sampai menulis buku kumplan puisi 'malu aku jadi orang Indonesia'. belum lagi Brian May (wartawan Inggris yang pernah bertugas di Indonesia pada tahun 60-an) buku pak May 'The Indonesian Tragedy' dilarang beredar di Indonesia karena pemerintah kita menganggapnya sebagai 'fitnah'. menurut May, Indonesia tak bakalan jadi bangsa modern karena antara lain putra-putri nya punya hobi ingkar janji, ak kenal komitmen dan suka ngibul.

Tentu saja 'BOHONG' bukan monopoli Indonesia saja. Ia ada di segala bangsa. dan agaknya ta ada yang paling banyak di soroti kebohongannya selain para politikus dan pengacara.
Tentang politikus. Reader d'gest pernah memuat kisah yang kira - kira begini;
bus yang berisi puluhan anggota DPR terguling di sebuah desa, penduduk sekitarnya mengubur semua anggota dewan itu. Melihat tak satupun tokoh terhormat ini selamat, polisi yang menyelidiki kecelakaan ini heran. seoang warga menjawab "sebelum saya kubur beberapa memang mengaku masih hidup, tapi kan bapak tau sendiri politikus suka bohong"

Kalian percaya ga sih kalo kejujuran itu membawa ketenangan. Maksudnya orang jujur memang harus kerap kalah dari orang jahat. Kemenngan sejati orang jujur  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar